Apa Saja Efek Samping Herocyn Bedak Gatal?

Herocyn bedak kerap menjadi pilihan terbaik untuk meredakan gejala gatal dan juga biang keringat di kulit. Selain sangat efektif, bedak ini juga memberikan sensasi sejuk saat diaplikasikan ke kulit.

Seperti semua obat, Herocyn juga memiliki efek samping tersendiri dari kombinasi kandungan di dalamnya. Apa saja efek sampingnya?

Kandungan Herocyn bedak gatal

Sebelum itu, mari kita kenali terlebih dahulu apa saja kandungan yang menjadi komposisi Herocyn bedak ini. Bedak tabur obat ini mengandung balsam peru, zinc oxide, sulfur, asam salisilat, champora, dan menthol.

Perpaduannya bekerja secara efektif membasmi bakteri penyebab gatal, mengobati biang keringat, serta memberikan sensasi nyaman di kulit. Kandungan mentol memberikan rasa sejuk dan juga menenangkan kulit yang perih setelah digaruk.

Efek samping Herocyn bedak gatal

Sebagai obat tentunya Herocyn memiliki efek samping saat diaplikasikan ke kulit. Salah satu kandungannya adalah zinc oxide yang biasa digunakan untuk mengatasi ruam popok, kulit mengelupas, dan iritasi kulit ringan.

Penggunaan zinc oxide secara topikal diketahui dapat menimbulkan efek samping, meski begitu tidak semua gejalanya akan timbul, dan tidak semuanya harus mendapatkan penanganan medis seperti gatal-gatal, bentol merah, dan ruam kulit.

Efek samping tersebut bisa segera hilang setelah tubuh mulai beradaptasi dengan obat atau bahan tersebut. Selain itu, efek samping yang harus mendapatkan penanganan medis segera adalah reaksi alergi seperti sesak napas dan bengkak di wajah, lidah, bibir, dan tenggorokan. 

Satu lagi bahan yang mungkin bisa menimbulkan efek samping adalah balsam Peru. Balsam Peru yang digunakan sebagai obat topikal sangat dianjurkan untuk tidak tertelan karena bisa merusak fungsi ginjal.

Selebihnya, penggunaan balsam Peru di kulit selama jangka waktu pendek (kurang dari satu minggu) cukup aman. Akan tetapi sama seperti zinc oxide, bahan ini juga bisa memicu reaksi alergi kulit dan menjadi sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari. 

Tips mengatasi gatal

Tak hanya menggunakan Herocyn bedak, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut untuk mengatasi gatal:

1. Oatmeal

Bukan oatmeal yang bisa kita makan, namun oatmeal dalam bentuk bubuk. Bahan alami ini sering digunakan dalam beberapa jenis sabun dan losion, sehingga bisa Anda gunakan sebagai rutinitas perawatan kulit. 

2. Gel lidah buaya

Gel aloe vera bisa digunakan untuk meredakan rasa gatal di kulit. Anda bisa langsung mengaplikasikan gel lidah buaya yang sudah dicuci bersih ke area yang gatal, atau menggunakan gel lidah buaya yang dijual di apotek.

3. Pelembap

Pelembap berkualitas tinggi mampu menahan air di lapisan terluar kulit, sehingga kulit tetap terhidrasi dan terhindar dari kulit kering penyebab gatal. Anda bisa mengaplikasikan losion pelembap setelah mandi untuk hasil yang maksimal.

4. Kompres dingin

Kompres dingin merupakan solusi terbaik saat Anda merasa gatal-gatal, terutama yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Hindari memberikan air panas ke area yang gatal karena bisa mengiritasi kulit.

5. Berhenti digaruk

Rasa gatal memang membuat kita tak tahan untuk menggaruknya. Hal tersebut memang respons alami tubuh namun tidak membantu meredakan maupun mengatasi gatal, faktanya justru menggaruk dapat merobek kulit dan bahkan berisiko menyebabkan infeksi. Tahan rasa ingin menggaruk, gunakan pakaian berbahan lembut yang tidak mengiritasi kulit, serta potong kuku Anda.

Jika rasa gatal Anda tak juga segera menghilang bahkan setelah menggunakan bahan-bahan di atas maupun Herocyn bedak, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui apa penyebab di balik rasa gatal yang Anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *