Lambucid Suspensi, Pertolongan Pertama Saat Gastritis

Gastritis merupakan penyakit pada lambung yang terjadi akibat peradangan dinding lambung. Pada dinding lambung atau lapisan mukosa lambung ini terdapat kelenjar yang menghasilkan asam lambung dan enzim pencernaan yang bernama pepsin. Untuk melindungi lapisan mukosa lambung dari kerusakan yang diakibatkan asam lambung, dinding lambung dilapisi oleh lendir (mukus) yang tebal. Apabila mukus tersebut rusak, dinding lambung rentan mengalami peradangan. Lambucid suspensi bisa mengatasi masalah ini.

Lambucid Suspensi adalah obat yang diformulasikan khusus untuk mengatasi gangguan pada saluran pencernaan karena tingginya kadar asam lambung dan gas. Peningkatan asam lambung dan gas dapat menyebabkan gangguan seperti, gastritis, tukak lambung, tukak usus dua belas jari, nyeri ulu hati, nyeri lambung, dan perut terasa kembung.

Kondisi tersebut dapat dipicu akibat makanan yang tidak sehat, keadaan stres, atau efek samping dari penggunaan obat lain. Lambucid Suspensi mengandung aluminum hidroksida dan magnesium hidroksida yang merupakan senyawa basa, sehingga mampu menetralkan atau menurunkan kadar asam di lambung.

Gejala gastritis yang dirasakan dapat berbeda pada tiap penderita. Akan tetapi, kondisi ini bisa juga tidak selalu menimbulkan gejala. Beberapa contoh gejala gastritis adalah sebagai berikut.

  • Nyeri yang terasa panas dan perih di perut bagian uluhati
  • Perut kembung
  • Cegukan
  • Mual
  • Muntah
  • Hilang nafsu makan
  • Cepat merasa kenyang saat makan
  • Buang air besar dengan tinja berwarna hitam
  • Muntah darah

Dinding lambung tersusun dari jaringan yang mengandung kelenjar untuk menghasilkan enzim pencernaan dan asam lambung. Selain itu, dinding lambung juga dapat menghasilkan lendir (mukus) yang tebal untuk melindungi lapisan mukosa lambung dari kerusakan akibat enzim pencernaan dan asam lambung. Rusaknya mukus pelindung ini dapat menyebabkan peradangan pada mukosa lambung.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan rusaknya mukus pelindung, yaitu

  1. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab gastritis yang cukup sering terjadi, terutama di daerah dengan kebersihan lingkungan yang kurang baik. Bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada lambung dan menimbulkan gastritis, cukup banyak jenisnya. Namun, yang paling sering adalah bakteri Helicobacter pylori. Selain dipengaruhi faktor kebersihan lingkungan, infeksi bakteri ini juga dipengaruhi oleh pola hidup dan pola makan.

  1. Pertambahan usia

Seiring bertambahnya usia, lapisan mukosa lambung akan mengalami penipisan dan melemah. Kondisi inilah yang menyebabkan gastritis lebih sering terjadi pada lansia dibandingkan orang yang berusia lebih muda.

  1. Berlebihan mengonsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat mengikis lapisan mukosa lambung, terutama jika seseorang sangat sering mengonsumsinya. Pengikisan lapisan mukosa oleh alkohol dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada dinding lambung, sehingga mengakibatkan terjadinya gastritis, terutama gastritis akut.

  1. Terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri yang dikonsumsi terlalu sering dapat menghambat proses regenerasi lapisan mukosa lambung, yang berujung pada cedera dan pelemahan dinding lambung, sehingga lebih mudah mengalami peradangan. Beberapa obat pereda nyeri yang dapat memicu gastritis jika dikonsumsi terlalu sering, adalah aspirin, ibuprofen, dan naproxen.

  1. Autoimun

Gastritis juga dapat terjadi karena dipicu oleh penyakit autoimun. Gastritis jenis ini disebut gastritis autoimun. Gastritis autoimun terjadi pada saat sistem imun menyerang dinding lambung, sehingga menyebabkan peradangan.

Pengobatan asam lambung naik dokter biasanya menyarankan hal-hal berikut, seperti ini.

  • Hindari faktor risiko pemicu asam lambung naik, seperti makanan dan minuman yang mencetuskan gejala, berhenti merokok, dan sebagainya.
  • Jalani pola makan sehat dan rutin berolahraga.
  • Memberikan obat-obatan tertentu seperti jenis antacid, H2 blocker, Proton pump inhibitor (PPI), dan antibiotik. Kombinasi obat-obatan dan pola hidup sehat akan membantu meredakan keluhan asam lambung.

Itulah mengapa lambucid suspensi bisa menjadi alasan sebagai pertolongan pertama saat gastritis menyerang. Jika Anda membutuhkan obat ini bisa membelinya di SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *