Persiapan Sebelum Cek Kolesterol di Prodia Gading Serpong

Prodia Gading Serpong adalah laboratorium klinik yang menyediakan berbagai macam layanan pemeriksaan, termasuk cek kolesterol. Bagi Anda yang ingin memantau kadar kolesterol secara rutin, Anda bisa memilih untuk melakukan pemeriksaan di Prodia.

Pemeriksaan kolesterol penting agar Anda mendapatkan gambaran mengenai kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Hal ini penting, karena kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan komplikasi berupa serangan jantung atau stroke. 

Mengapa perlu melakukan cek kolesterol di Prodia Gading Serpong?

Sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa pemeriksaan kolesterol penting agar Anda bisa memantau kadar kolesterol Anda sendiri. Hasil pemeriksaan akan memberikan informasi menyeluruh mengenai: 

  • Kolesterol low-density lipoprotein (LDL)

LDL seringkali disebut sebagai kolesterol jahat. Terlalu banyak kadar LDL dalam darah akan menyebabkan terjadinya penimbunan lemak. Penimbunan lemak ini terjadi pada arteri.

Saat arteri mengalami penumpukan lemak, secara otomatis aliran darah Anda akan menjadi terganggu. Ini bisa membuat arteri Anda menjadi pecah atau Anda berisiko terkena serangan jantung dan stroke. 

  • Kolesterol high-density lipoprotein (HDL)

Kebalikan dari LDL, HDL dianggap sebagai kolesterol yang baik. Keberadaan HDL justru membantu membawa atau mengangkut LDL, sehingga arteri tetap terbuka dan darah Anda bisa mengalir dengan bebas. 

  • Trigliserida

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak dalam darah. Tubuh Anda akan mengubah kalori yang Anda dapatkan dari makanan menjadi trigliserida. Trigliserida ini kemudian akan disimpan dalam sel lemak.

Kadar trigliserida yang tinggi berkaitan dengan kelebihan berat badan, terlalu banyak mengonsumsi permen, kebiasaan meminum alkohol, serta kurang olahraga.

Tes kolesterol di Prodia Gading Serpong akan memberikan informasi mengenai hal-hal di atas kepada Anda. Anda akan mendapatkan gambaran mengenai kondisi kolesterol Anda secara keseluruhan, sehingga bisa melakukan upaya penogbatan untuk menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi. 

Dengan begitu, Anda juga bisa terhindar dari risiko terkena penyakit kronis seperti serangan jantung dan stroke. 

Cara menurunkan kolesterol yang tinggi

Berdasarkan hasil tes dari Prodia Gading Serpong, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kadar kolesterol Anda. Kemudian, dokter mungkin akan memberikan rekomendasi cara menurunkan kolesterol, seperti: 

  • Kurangi mengonsumsi makanan berlemak

Anda bisa mengurangi makanan yang berlemak untuk menurunkan kadar kolesterol. Secara khusus, ini berlaku untuk makanan dengan jenis lemak jenuh.

Cobalah untuk mengganti makanan yang mengandung lemak jenuh dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti ikan, nasi merah, dan kacang-kacangan. 

  • Rutin berolahraga

Kolesterol jahat dapat dihilangkan apabila Anda mendorong tubuh untuk rutin bergerak. Caranya dengan mulai membiasakan diri untuk berolahraga. 

Anda dianjurkan untuk berolahraga sekitar 2,5 jam dalam seminggu. Anda bisa melakukan olahraga ringan, mulai dari berjalan, jogging, bersepeda, hingga berenang. 

  • Berhenti merokok

Bagi Anda yang terbiasa merokok, Anda bisa mulai menghentikan kebiasaan tersebut apabila ingin menurunkan kadar kolesterol. Penelitian telah membuktikan bahwa merokok akan meningkatkan kolesterol dalam darah Anda. 

  • Kurangi konsumsi alkohol

Jangan membiasakan diri untuk mengonsumsi alkohol terlalu banyak. Sebaiknya, dalam seminggu milikilah beberapa hari bebas alkohol, dimana Anda tidak menyentuh alkohol sama sekali.

Selain itu, hindari juga meminum alkohol dalam jumlah banyak di rentang waktu yang sempit. 

Meskipun sudah melakukan upaya di atas, sebaiknya Anda tetap rutin melakukan pemeriksaan kolesterol di Prodia Gading Serpong, agar bisa memantau perkembangan kolesterol Anda secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *